Senin, 01 Februari 2010

THE OTHER MITHE ABOUT VAMPIRE

Kamus Inggris Oxford tanggal penampilan pertama dari kata vampir dalam bahasa Inggris dari 1734, dalam sebuah perjalanan berjudul Perjalanan Tiga inggris Tuan-tuan yang diterbitkan di dalam Harleian Miscellany 1745. [11] [12] Vampir sudah dibahas dalam sastra Jerman. [ 13] Setelah menguasai Austria Serbia dan Oltenia utara pada 1718, para pejabat mencatat praktek lokal exhuming tubuh dan "membunuh vampir". [13] Laporan-laporan ini, disiapkan antara 1725 dan 1732, mendapat publisitas luas. [13]

Istilah bahasa Inggris berasal (mungkin melalui vampyre Perancis) dari Vampir Jerman, pada gilirannya dianggap diturunkan pada awal abad ke-18 dari Serbia вампир / vampir. [14] [15] [16] [17] [18] bentuk Serbia memiliki kesejajaran dalam hampir semua bahasa Slavia: Bulgaria вампир (vampir), Ceko dan Slowakia upír, Polandia wąpierz, dan (mungkin dipengaruhi Slavia Timur) upiór, Rusia упырь (upyr '), Belarusia упыр (upyr), Ukraina упирь ( upir '), dari Old Rusia упирь (upir'). (Perhatikan bahwa banyak dari bahasa-bahasa ini juga telah meminjam bentuk-bentuk seperti "vampir / wampir" kemudian dari Barat; ini berbeda dari kata-kata lokal asli untuk makhluk.) Etimologi yang pasti tidak jelas. [19] Di antara yang diusulkan proto - Slavia bentuk * ǫpyrь dan * ǫpirь. [20] lain, kurang luas teori, adalah bahwa bahasa-bahasa Slavia meminjam kata dari istilah Turki untuk "penyihir" (misalnya, Tatar ubyr). [20] [21]

Tercatat pertama menggunakan bentuk Rusia Lama Упирь (Upir ') adalah umumnya diyakini berada dalam dokumen tertanggal 6555 (1047 M). [22] Ini adalah colophon dalam naskah Kitab Mazmur ditulis oleh seorang pendeta yang ditranskrip buku dari glagolitic ke Cyrillic untuk Novgorodian Pangeran Vladimir Yaroslavovich. [23] Para imam menulis bahwa namanya adalah "Upir 'Likhyi" (Упирь Лихый), yang berarti sesuatu seperti "Wicked Vampir" atau "Foul Vampir". [24] ini rupanya nama aneh telah dikutip sebagai contoh baik untuk bertahan paganisme dan penggunaan nama panggilan sebagai nama pribadi. [25]

Awal lain penggunaan kata Rusia Lama dalam anti-kafir risalah "Firman Saint Grigoriy", tanggal berbagai ke-11-13 abad, tempat penyembahan pagan upyri dilaporkan. [26] [27]

Sebuah teori tentang asal-usul etimologis kata tersebut dianggap berasal dari kata-kata Gheg Albania dhamb (gigi) dan Pire (mengisap).
Kepercayaan rakyat
Lihat pula: Daftar vampir dalam cerita rakyat dan mitologi

Pengertian tentang vampir telah ada selama ribuan tahun; budaya seperti Mesopotamia, Ibrani, Yunani Kuno, dan Romawi mempunyai cerita tentang setan-setan dan roh-roh yang dianggap prekursor vampir modern. Namun, walaupun terjadinya vampir-seperti makhluk dalam peradaban kuno, cerita rakyat untuk entitas yang kita kenal sekarang sebagai vampir hampir seluruhnya berasal dari awal abad ke-18 Eropa Timur-Selatan, [8] ketika tradisi lisan dari banyak kelompok etnis di kawasan tersebut direkam dan diterbitkan. Dalam kebanyakan kasus, vampir revenants kejahatan makhluk, korban bunuh diri, atau penyihir, tetapi mereka juga dapat diciptakan oleh roh jahat yang memiliki mayat atau digigit oleh vampir. Kepercayaan pada legenda seperti menjadi begitu meluas bahwa di beberapa daerah itu menyebabkan histeria massa dan bahkan eksekusi publik orang percaya untuk menjadi vampir. [28]
Deskripsi dan atribut umum
Lihat juga: Tabel sifat vampir

Vampyren, "The Vampire", oleh Edvard Munch

Sulit untuk membuat satu, pasti gambaran tentang folkloric vampir, meskipun ada beberapa unsur umum untuk banyak legenda Eropa. Vampir biasanya dilaporkan sebagai membengkak dalam penampilan, dan kemerahan, keunguan, atau warna gelap; karakteristik ini sering dikaitkan dengan minum darah baru-baru ini. Memang, darah sering terlihat merembes dari mulut dan hidung ketika seseorang yang terlihat dalam kafan atau peti mati dan mata kiri sering terbuka. [29] Ia akan terbungkus kain kafan itu terkubur dalam, dan gigi, rambut , dan kuku mungkin telah tumbuh agak, meskipun pada umumnya tidak taring fitur. [30]
Membuat vampir

Penyebab vampirik generasi yang banyak dan bervariasi dalam cerita rakyat asli. Dalam Slavia dan tradisi Cina, setiap mayat yang melompati oleh seekor binatang, terutama anjing atau kucing, adalah ditakuti untuk menjadi salah satu dari mayat hidup. [31] Suatu badan dengan luka yang tidak pernah diobati dengan air mendidih juga beresiko. Dalam cerita rakyat Rusia, vampir dikatakan dulunya penyihir atau orang-orang yang telah memberontak terhadap Gereja ketika mereka masih hidup. [32]

Praktek-praktek budaya sering muncul yang dimaksudkan untuk mencegah yang baru saja mati cintai dari berubah menjadi mayat hidup revenant. Mengubur mayat terbalik meluas, seperti yang menempatkan benda-benda duniawi, seperti sabit atau sabit, [33] dekat kubur untuk memuaskan setiap setan memasuki tubuh atau untuk menenangkan orang mati sehingga tidak ingin muncul dari peti mati . Metode ini menyerupai praktik Yunani Kuno menempatkan sebuah obolus dalam mulut mayat untuk membayar tol untuk menyeberangi Sungai Styx dalam dunia bawah tetapi sudah berpendapat bahwa alih-alih, koin itu dimaksudkan untuk mengusir roh-roh jahat pun memasuki tubuh, dan ini mungkin telah mempengaruhi kemudian vampir cerita rakyat. Tradisi ini terus di Yunani modern cerita rakyat tentang vrykolakas, di mana salib dan sepotong lilin gerabah dengan tulisan "Yesus Kristus menaklukkan" diletakkan di mayat untuk mencegah tubuh dari menjadi seorang vampir. [34] Metode lain yang umum dipraktikkan di Eropa termasuk memutus tendon di lutut atau menempatkan biji opium, millet, atau pasir di atas tanah di lokasi kuburan yang diduga vampir; ini dimaksudkan untuk menjaga menduduki vampir sepanjang malam dengan menghitung butir jatuh. [35] Serupa cina cerita menyatakan bahwa jika seorang vampir-suka menemukan sebuah karung beras, itu akan menghitung setiap butir; ini adalah sebuah tema yang ditemui dalam mitos dari benua India dan juga di Amerika Selatan kisah penyihir dan jenis kejahatan lainnya atau nakal roh atau makhluk. [36]
Mengidentifikasi vampir

Banyak ritual yang rumit digunakan untuk mengidentifikasi seorang vampir. Salah satu metode untuk menemukan makam vampir terlibat memimpin anak perawan melalui kuburan atau alasan-alasan gereja perawan kuda-kuda akan dianggap balk di makam tersebut. [32] Umumnya kuda hitam diperlukan, meskipun di Albania itu harus putih. [37] Lubang muncul di bumi atas kuburan dibawa sebagai tanda vampir. [38]

Dianggap mayat umumnya vampir digambarkan memiliki penampilan yang lebih sehat daripada yang diharapkan, montok dan sedikit atau tidak menunjukkan tanda-tanda pembusukan. [39] Pada beberapa kasus, ketika diduga kuburan dibuka, warga desa bahkan menggambarkan mayat memiliki darah segar dari korban di seluruh wajahnya. [40] Bukti bahwa vampir aktif di wilayah tertentu termasuk kematian ternak sapi, domba, kerabat atau tetangga. Folkloric vampir bisa juga membuat kehadiran mereka dirasakan oleh poltergeist kecil terlibat dalam kegiatan seperti, seperti melemparkan batu di atas atap rumah tangga atau memindahkan objek, [41] dan menekan orang-orang dalam tidur mereka. [42]
Perlindungan

Gambar dari Max Ernst's Une Semaine de Bonte

Apotropaics-biasa atau item suci mampu menangkal revenants-seperti bawang putih [43] atau air suci vampir umum dalam cerita rakyat. Barang-barang yang bervariasi dari satu wilayah ke wilayah, sebuah cabang hawthorn mawar liar dan tanaman dikatakan untuk menyakiti vampir; di Eropa, taburan biji mustar di atap sebuah rumah yang dikatakan untuk menjauhkan mereka. [44] lainnya mencakup suci apotropaics item, misalnya salib, rosario, atau air suci. Vampir dikatakan tidak dapat berjalan di tanah suci, seperti gereja atau kuil, atau lintas air yang mengalir. [45] Meskipun tidak secara tradisional dianggap sebagai apotropaic, cermin telah digunakan untuk mengusir vampir bila ditempatkan menghadap ke luar pada pintu (dalam beberapa budaya, vampir tidak memiliki refleksi dan kadang-kadang tidak melemparkan bayangan, mungkin sebagai manifestasi dari kurangnya vampir jiwa). [46] atribut ini, walaupun tidak universal (dalam bahasa Yunani vrykolakas / tympanios mampu dari kedua refleksi dan bayangan), digunakan oleh Bram Stoker dalam Dracula dan telah tetap populer dengan penulis dan pembuat film berikutnya. [47] Beberapa tradisi juga berpendapat bahwa vampir tidak bisa masuk ke rumah kecuali diundang oleh pemilik, meskipun setelah undangan pertama mereka bisa datang dan pergi sesuka mereka. [46] Meskipun vampir folkloric diyakini lebih aktif pada malam hari, mereka umumnya tidak dianggap rentan terhadap sinar matahari. [47]

Metode dicurigai vampir menghancurkan bervariasi, dengan mempertaruhkan yang paling sering dikutip metode, terutama dalam budaya Slavia selatan. [48] Ash kayu yang disukai di Rusia dan negara-negara Baltik, [49] atau hawthorn di Serbia, [50] dengan catatan ek di Silesia. [51] Potensi vampir yang paling sering mempertaruhkan meskipun hati, meskipun mulut menjadi sasaran di Rusia dan sebelah utara Jerman [52] [53] dan perut di utara-timur serbia. [54] Piercing kulit dada adalah cara "mengempis" vampir yang bengkak, ini mirip dengan tindakan mengubur benda-benda tajam, seperti sabit, dengan mayat, sehingga mereka dapat menembus kulit jika tubuh bloats cukup sementara berubah menjadi revenant . [55] pemenggalan kepala adalah metode yang disukai dalam bahasa Jerman dan Slavia barat daerah, dengan kepala terbenam di antara kaki, di belakang bokong atau dari badan. [48] Tindakan ini dilihat sebagai cara untuk mempercepat keberangkatan jiwa , yang dalam beberapa kebudayaan, dikatakan tertinggal dalam mayat. Vampir kepala, badan, atau pakaian juga dapat berduri dan menempelkannya ke bumi untuk mencegah meningkat. [56] Gipsi mengemudi besi baja atau jarum ke mayat hati dan meletakkan potongan-potongan baja di dalam mulut, di atas mata, telinga dan di antara jari-jari pada saat pemakaman. Mereka juga ditempatkan pada mayat hawthorn kaus kaki atau mengendarai hawthorn saham melalui kaki. Dalam abad ke-16 pemakaman di dekat Venesia, sebuah batu bata dipaksa masuk ke dalam mulut mayat perempuan telah ditafsirkan sebagai membunuh vampir-ritual oleh para arkeolog yang menemukannya pada 2006. [57] langkah-langkah lebih lanjut termasuk menuangkan air mendidih di atas kuburan atau insinerasi lengkap dari tubuh. Di Balkan vampir juga dapat dibunuh dengan ditembak atau tenggelam, dengan mengulangi upacara pemakaman, dengan percikan air suci pada tubuh, atau dengan eksorsisme. Di Rumania bawang putih bisa diletakkan di mulut, dan baru-baru ini sebagai abad ke-19, yang berjaga-jaga menembakkan peluru melalui peti mati itu diambil. Untuk kasus-kasus resisten, tubuh itu dipotong-potong dan potongan-potongan dibakar, dicampur dengan air, dan diberikan kepada anggota keluarga sebagai obat. Di daerah Saxon Jerman, lemon diletakkan di mulut dicurigai vampir. [58]
Kepercayaan kuno

Lilith (1892), oleh John Collier

Cerita tentang makhluk supranatural mengkonsumsi darah atau daging yang hidup telah ditemukan dalam hampir setiap kebudayaan di seluruh dunia selama berabad-abad. [59] Hari ini kita akan mengasosiasikan entitas ini dengan vampir, tetapi di zaman kuno, istilah vampir tidak ada; minum darah dan kegiatan serupa dihubungkan dengan setan atau roh-roh yang akan makan daging dan minum darah; bahkan Iblis dianggap sinonim dengan vampir. [60] Hampir setiap bangsa telah minum darah dikaitkan dengan beberapa jenis revenant atau setan, atau di beberapa kasus dewa. Di India, misalnya, kisah-kisah vetalas, raksasa-seperti makhluk yang menghuni mayat, telah dikompilasi di Baital Pachisi; cerita terkemuka di Kathasaritsagara menceritakan Raja Vikramaditya dan malam quests untuk menangkap satu yang sukar dipahami. [61] Pishacha , yang dikembalikan roh-orang yang berbuat jahat atau orang-orang yang meninggal gila, juga beruang vampirik atribut. [62] India Kuno dewi Kali, dengan taring dan sebuah karangan bunga mayat atau tengkorak, juga erat berkaitan dengan minum darah. [63 ] Di Mesir kuno, dewi Sekhmet minum darah. [64]

Persia adalah salah satu peradaban pertama memiliki kisah-kisah minum darah-setan: makhluk berusaha untuk minum darah dari orang-orang yang digambarkan di pecahan tembikar digali. [65] kuno Babilonia memiliki kisah-kisah mitos Lilitu, [66] identik dengan dan memberikan naik ke Lilith (Ibrani לילית) dan putrinya yang Lilu dari Ibrani demonologi. Lilitu dianggap setan dan sering digambarkan sebagai hidup dari darah bayi. Namun, mitra Yahudi itu berkata kepada pesta pada kedua laki-laki dan perempuan, serta bayi yang baru lahir. [66]

Yunani Kuno dan Romawi menggambarkan mitologi Empusae, [67] yang Lamia, [68] dan striges. Seiring waktu dua suku pertama menjadi kata-kata umum untuk menggambarkan masing-masing penyihir dan setan. Empusa adalah putri dewi Hecate dan digambarkan sebagai setan, makhluk berkaki perunggu. Dia berpesta darah dengan berubah menjadi seorang wanita muda dan menggoda laki-laki sebagai mereka tidur sebelum minum darah mereka. [67] The Lamia memangsa anak-anak muda di tempat tidur mereka pada malam hari, menghisap darah mereka, seperti yang dilakukan gelloudes atau Gello. [68] Seperti Lamia, striges berpesta pada anak-anak, tetapi juga memangsa laki-laki muda. Mereka digambarkan memiliki tubuh gagak atau burung secara umum, dan kemudian dimasukkan ke dalam mitologi Romawi sebagai strix, malam hari semacam burung yang diberi makan daging manusia dan darah. [69]
Abad Pertengahan dan kemudian cerita rakyat Eropa
Artikel utama: Vampir cerita rakyat menurut kawasan

Banyak mitos seputar vampir bermula ketika periode abad pertengahan. Abad ke-12 sejarawan dan penulis sejarah inggris Peta Walter dan William dari rekening yang tercatat Newburgh revenants, [28] [70] meskipun catatan dalam bahasa Inggris makhluk legenda vampir setelah tanggal ini kurang. [71] Ini kisah mirip dengan cerita rakyat kemudian secara luas melaporkan dari Eropa Timur pada abad ke-18 dan merupakan dasar dari legenda vampir yang kemudian masuk ke Jerman dan Inggris, di mana mereka kemudian dibumbui dan dipopulerkan.

Selama abad ke-18, ada vampir penampakan hiruk-pikuk di Eropa Timur, dengan sering stakings dan penggalian kuburan untuk mengidentifikasi dan membunuh potensi revenants; bahkan pejabat pemerintah yang terlibat dalam perburuan dan mempertaruhkan vampir. [72] Walaupun disebut Umur Pencerahan, di mana sebagian besar legenda-legenda folkloric dipadamkan, kepercayaan pada vampir meningkat secara drastis, mengakibatkan histeria massa di seluruh sebagian besar Eropa. [28] Kepanikan dimulai dengan dugaan wabah serangan vampir di Prusia Timur pada 1721 dan di Habsburg Monarki 1725-1734, yang menyebar ke daerah lain. Dua kasus vampir yang terkenal, yang pertama tercatat secara resmi, melibatkan mayat Petrus Plogojowitz dan Arnold Paole dari Serbia. Plogojowitz dilaporkan telah meninggal pada usia 62, tapi diduga kembali setelah kematiannya meminta putranya untuk makanan. Ketika anak menolak, ia ditemukan mati keesokan harinya. Plogojowitz seharusnya kembali dan menyerang beberapa tetangga yang meninggal karena kehabisan darah. [72] Dalam kasus kedua, Paole, seorang mantan tentara berpaling petani yang diduga diserang oleh vampir tahun sebelumnya, meninggal ketika pemotongan rumput kering. Setelah kematiannya, orang mulai mati di daerah sekitarnya dan secara luas dipercaya bahwa Paole telah kembali memangsa tetangga. [73] serbian terkenal lainnya yang melibatkan legenda vampir konsentrat sekitar Savanović Sava tertentu tinggal di watermill dan membunuh dan minum darah dari pabrik. Karakter cerita rakyat kemudian digunakan dalam cerita yang ditulis oleh penulis Serbia Milovan Glišić dan di film horor 1973 Serbia Leptirica terinspirasi oleh cerita.

Kedua insiden itu dengan baik didokumentasikan: pejabat pemerintah memeriksa mayat-mayat, menulis laporan kasus, dan buku-buku yang diterbitkan di seluruh Eropa. [73] The histeria, biasa disebut sebagai "Abad ke-18 Vampir Kontroversi", berlangsung selama satu generasi. Masalah ini diperparah oleh wabah pedesaan begitu-mengklaim serangan vampir, tidak diragukan lagi disebabkan oleh jumlah yang lebih tinggi takhayul yang hadir di masyarakat desa, dengan penduduk setempat menggali tubuh dan dalam beberapa kasus, mempertaruhkan mereka. Meskipun banyak sarjana yang dilaporkan selama periode ini bahwa vampir tidak ada, dan laporan dihubungkan penguburan prematur atau rabies, kepercayaan takhyul meningkat. Dom Agustinus Calmet, yang disegani teolog dan sarjana Perancis, menyusun risalah yang komprehensif pada tahun 1746, yang ambigu mengenai keberadaan vampir. Mengumpulkan laporan Calmet vampir insiden; banyak pembaca, termasuk kritis iblis Voltaire dan mendukung, menafsirkan risalah sebagai mengklaim bahwa vampir ada. [74] Dalam Kamus Filsafat, Voltaire menulis: [75]
Vampir ini mayat, yang keluar dari kuburan mereka pada malam hari untuk menghisap darah yang hidup, baik di leher atau perut, setelah itu mereka kembali ke kuburan mereka. Orang-orang begitu tersedot memudar, semakin pucat, dan jatuh ke dalam konsumsi; sementara mayat-mayat mengisap menjadi gemuk, sampai kemerahan, dan menikmati selera yang sangat baik. Saat itu di Polandia, Hungaria, Silesia, Moravia, Austria, dan Lorraine, bahwa orang mati membuat gembira ini.

Kontroversi hanya berakhir saat Ratu Maria Theresa dari Austria dikirim dokter pribadinya, Gerard van Swieten, untuk menyelidiki klaim vampirik entitas. Dia menyimpulkan bahwa vampir tidak ada dan sang Ratu mengeluarkan undang-undang yang melarang pembukaan kuburan dan penodaan tubuh, membunyikan akhir epidemi vampir. Meskipun penghukuman ini, vampir hidup dalam karya-karya artistik dan takhayul lokal. [74]
Kepercayaan non-Eropa
Africa

Berbagai daerah di Afrika telah folkloric cerita tentang makhluk dengan kemampuan vampirik: di Afrika Barat Ashanti orang mengatakan besi bergigi dan pohon-hunian asanbosam, [76] dan rakyat Ewe kampak, yang dapat mengambil bentuk kunang-kunang dan perburuan anak-anak. [77] Bagian timur wilayah Tanjung memiliki impundulu, yang dapat mengambil bentuk burung taloned besar dan dapat memanggil guntur dan kilat, dan orang-orang Betsileo Madagaskar bercerita tentang ramanga, penjahat atau hidup vampir yang minum darah dan makan paku kliping dari bangsawan. [3]
Amerika

The Loogaroo adalah contoh bagaimana kepercayaan vampir dapat hasil dari kombinasi keyakinan, di sini campuran Prancis dan Afrika Vodu atau voodoo. Istilah Loogaroo mungkin berasal dari Perancis Loup-garou (berarti "manusia serigala") dan umum dalam budaya Mauritius. Namun, kisah-kisah para Loogaroo tersebar luas melalui Kepulauan Karibia dan Louisiana di Amerika Serikat. [78] Serupa monster perempuan adalah Soucouyant Trinidad, dan Patasola Tunda dan Kolombia cerita rakyat, sementara Mapuche selatan Chili memiliki pengisap darah ular dikenal sebagai Peuchen. [79] lidah buaya menggantung ke belakang di belakang atau dekat pintu diperkirakan untuk mengusir vampir makhluk di Amerika Selatan takhayul. [36] Mitologi Aztek menggambarkan kisah-kisah dari Cihuateteo, tulang-roh yang dihadapi orang-orang yang meninggal dalam melahirkan anak-anak yang mencuri dan memasuki hubungan dengan seksual yang hidup, mengemudi mereka marah. [32]

Selama akhir abad 18 dan 19 kepercayaan vampir tersebar luas di bagian New England, khususnya di Rhode Island dan Connecticut Timur. Ada banyak didokumentasikan disinterring kasus keluarga orang-orang terkasih dan menghapus hati mereka dengan keyakinan bahwa almarhum adalah seorang vampir yang bertanggung jawab atas penyakit dan kematian dalam keluarga, meskipun istilah "vampir" tak pernah benar-benar digunakan untuk menggambarkan almarhum. TBC penyakit mematikan, atau "konsumsi" seperti yang dikenal pada waktu itu, diyakini disebabkan oleh kunjungan malam hari pada bagian dari anggota keluarga yang mati yang meninggal karena konsumsi sendiri. [80] yang paling terkenal, dan yang paling baru-baru ini direkam, kasus dugaan vampir adalah bahwa dari sembilan belas tahun Mercy Brown, yang meninggal di Exeter, Rhode Island tahun 1892. Ayahnya, dibantu oleh dokter keluarga, melepaskan dia dari makam dua bulan setelah kematiannya, memotong hatinya dan membakarnya menjadi abu. [81]
Asia

Tua yang berakar pada cerita rakyat, kepercayaan modern vampir menyebar di seluruh Asia dengan cerita tentang entitas menjijikkan dari daratan, untuk vampirik makhluk dari pulau-pulau di Asia Tenggara. India juga mengembangkan legenda vampir lain. Para bhuta atau pret adalah jiwa orang yang meninggal sebagai kematiannya. Itu berkeliling menghidupkan mayat pada malam hari, menyerang banyak yang hidup seperti raksasa. [82] Di India utara, ada BrahmarākŞhasa, vampir-seperti makhluk dengan kepala dikelilingi oleh usus dan tengkorak dari yang minum darah. Vampir Walaupun telah muncul di bioskop Jepang sejak akhir 1950-an, cerita rakyat di baliknya adalah berasal dari barat. [83] Namun, Nukekubi adalah seorang makhluk yang kepala dan leher melepaskan diri dari tubuhnya untuk terbang tentang manusia mencari mangsa di malam hari. [84 ]

Legenda vampir perempuan-seperti makhluk yang dapat melepaskan bagian-bagian tubuh bagian atas mereka juga terjadi di Filipina, Malaysia dan Indonesia. Ada dua vampir seperti makhluk di Filipina: yang mandurugo Tagalog ( "pengisap darah") dan manananggal Visayan ( "self-segmenter"). The mandurugo adalah varietas aswang yang mengambil bentuk gadis yang menarik hari, dan mengembangkan sayap dan panjang, kosong, benang-seperti lidah pada malam hari. Lidah digunakan untuk menyedot darah dari korban yang sedang tidur. The manananggal ini digambarkan sebagai orang yang lebih tua, wanita cantik yang mampu memutus tubuh atasnya untuk terbang ke dalam malam dengan kelelawar besar seperti sayap dan memangsa tidak curiga, tidur ibu hamil di rumah mereka. Mereka menggunakan belalai yang panjang seperti lidah untuk mengisap janin dari wanita hamil ini. Mereka juga lebih suka makan isi perut (khusus jantung dan hati) dan dahak orang sakit. [85]

Penanggalan di Malaysia dapat berupa tua yang indah atau wanita muda yang diperoleh kecantikannya melalui penggunaan aktif sihir atau lainnya berarti tidak wajar, dan yang paling sering digambarkan dalam cerita rakyat setempat untuk menjadi gelap atau jahat di alam. Dia mampu melepaskan dirinya kepala yang bertaring lalat di sekitar di malam hari mencari darah, biasanya dari ibu hamil. [86] Malaysia akan menggantung jeruju (onak) di sekitar pintu dan jendela rumah, berharap Penanggalan tidak akan masuk karena takut penangkapan dengan usus di duri. [87] The Leak adalah yang serupa dari cerita rakyat Bali. [88] Sebuah Kuntilanak atau Matianak di Indonesia, [89] atau Pontianak atau Kepercayaan penangkalan di Malaysia, [90] adalah seorang wanita yang meninggal saat melahirkan dan menjadi mayat hidup, mencari balas dendam dan meneror desa. Ia tampil sebagai wanita yang menarik dengan rambut hitam panjang yang menutupi lubang di bagian belakang lehernya, dengan yang dia mengisap darah anak-anak. Mengisi lubang dengan rambutnya akan mengantarnya pergi. Mayat itu mulut mereka penuh dengan manik-manik gelas, telur di bawah setiap ketiak, dan jarum di telapak tangan mereka untuk mencegah mereka menjadi Kepercayaan penangkalan. [91]

Jiang Shi (cina sederhana: 僵尸; cina tradisional: 僵尸 atau 僵尸; Pinyin: jiāngshī; harfiah "kaku mayat"), kadang-kadang disebut "vampir cina" oleh orang Barat, adalah mayat-mayat yang reanimated hop sekitar, membunuh makhluk hidup untuk menyerap esensi ( qi) dari korban-korban mereka. Mereka dikatakan diciptakan ketika jiwa seseorang (魄 po) gagal untuk meninggalkan tubuh almarhum. [92] Namun, beberapa telah membantah perbandingan jiang shi dengan vampir, sebagai jiang shi biasanya mindless makhluk tanpa pikir independen. [ 93] Salah satu fitur yang tidak biasa rakasa ini adalah putih kehijau-hijauan kulit berbulu, mungkin berasal dari jamur atau jamur yang tumbuh di mayat. [94]
Modern keyakinan

Fiksi modern, vampir cenderung digambarkan sebagai sopan, karismatik penjahat. [30] Meskipun ketidakpercayaan umum di vampirik entitas, sesekali penampakan vampir dilaporkan. Memang, berburu vampir masyarakat masih ada, meskipun mereka sebagian besar dibentuk untuk alasan sosial. [28] Tuduhan serangan vampir melanda negara Afrika, Malawi selama akhir 2002 dan awal 2003, dengan melempari massa satu orang sampai mati dan menyerang sedikitnya empat lain, termasuk Gubernur Eric Chiwaya, didasarkan pada keyakinan bahwa pemerintah berkolusi dengan vampir. [95]

Pada awal tahun 1970 pers lokal menyebarkan desas-desus bahwa seorang vampir menghantui Highgate Pemakaman di London. Amatir pemburu vampir berkumpul dalam jumlah besar ke pemakaman. Beberapa buku telah ditulis tentang kasus, terutama oleh Sean Manchester, seorang laki-laki lokal yang berada di antara yang pertama untuk menyarankan keberadaan "Highgate Vampir" dan yang kemudian mengaku telah diusir dan menghancurkan seluruh sarang vampir di daerah tersebut. [96] Pada Januari 2005, rumor beredar bahwa seorang penyerang telah digigit sejumlah orang di Birmingham, Inggris, memicu keprihatinan mengenai vampir berkeliaran di jalanan. Namun, polisi setempat menyatakan bahwa tidak ada kejahatan seperti itu telah dilaporkan dan bahwa kasus tampaknya menjadi legenda perkotaan. [97]

Dalam salah satu kasus menonjol lebih vampirik entitas di era modern, yang chupacabra ( "kambing-bodoh") dari Puerto Rico dan Meksiko adalah dikatakan sebagai makhluk yang feed pada daging atau minum darah hewan peliharaan, mengakibatkan beberapa untuk mempertimbangkan hal semacam vampir. The "chupacabra histeria" sering dikaitkan dengan mendalam krisis ekonomi dan politik, khususnya selama pertengahan 1990-an. [98]

Di Eropa, di mana sebagian besar berasal cerita rakyat vampir, vampir dianggap fiktif karena, meskipun banyak masyarakat telah menganut revenant untuk tujuan ekonomi. Dalam beberapa kasus, khususnya di daerah kecil, vampir takhayul masih merajalela dan penampakan, atau klaim dari serangan vampir sering terjadi. Di Rumania selama Februari 2004, beberapa kerabat Toma Petre takut bahwa ia telah menjadi seorang vampir. Mereka menggali mayatnya, merobek hatinya, dibakar, dan abu dicampur dengan air untuk minum. [99]

Vampir juga mewakili bagian yang relevan modern gerakan okultis hari. The mitos dari vampir, magickal nya kualitas, daya pikat, dan predator arketipe mengungkapkan simbolisme yang kuat yang dapat digunakan dalam ritual, tenaga kerja, dan tenung, dan bahkan dapat diadopsi sebagai sistem rohani. [100] Vampir telah menjadi bagian okultisme dari masyarakat di Eropa selama berabad-abad dan telah menyebar ke sub-budaya Amerika dan juga untuk lebih dari satu dekade, yang sangat dipengaruhi oleh dan dicampur dengan neo gotik estetika. [101]
Origins of vampir keyakinan

Le Vampire, litograf oleh R. de Moraine di Féval (1851-1852).

Banyak teori untuk asal-usul keyakinan vampir telah ditawarkan sebagai penjelasan bagi takhayul, dan kadang-kadang histeria massa, yang disebabkan oleh vampir. Segala sesuatu mulai dari dini pemakaman ketidaktahuan awal dari siklus dekomposisi tubuh setelah kematian telah dikutip sebagai penyebab kepercayaan vampir.
Slavia spiritualisme

Meskipun banyak kebudayaan memiliki revenant takhayul sebanding dengan Eropa Timur vampir, vampir Slavia adalah takhayul revenant yang meliputi budaya populer konsep vampir. Vampir akar kepercayaan budaya Slavia didasarkan untuk sebagian besar dalam keyakinan dan praktik spiritual pra-dikristenkan orang Slavia dan pemahaman mereka tentang kehidupan setelah kematian. Meskipun kurangnya Slavia pra-Kristen tulisan-tulisan yang menggambarkan rincian dari "Old Agama", banyak kafir keyakinan spiritual dan ritual yang telah dipelihara oleh orang-orang Slavia bahkan setelah tanah mereka yang dikristenkan. Contoh-contoh termasuk keyakinan dan praktik pemujaan leluhur, roh rumah tangga, dan keyakinan tentang jiwa setelah kematian. Asal usul vampir keyakinan dapat di daerah Slavia dapat dilacak ke struktur kompleks Slavia spiritualisme.

Setan-setan dan roh-roh melayani fungsi penting dalam pra-industri dan masyarakat Slavia dianggap sangat interaktif dalam kehidupan dan domain manusia. Beberapa roh-roh yang baik hati dan dapat membantu dalam tugas-tugas manusia, yang lain berbahaya dan sering merusak. Contoh roh-roh seperti Domovoi, Rusalka, Vila, Kikimora, Poludnitsa, dan Vodyanoy. Roh ini juga dianggap berasal dari leluhur atau almarhum tertentu manusia. Roh seperti itu akan dapat muncul di dalam berbagai bentuk, termasuk yang berbeda bentuk hewan atau manusia. Beberapa roh ini juga bisa berpartisipasi dalam kegiatan jahat untuk menyakiti manusia, seperti tenggelam manusia, menghalangi panen, atau mengisap darah ternak dan kadang-kadang manusia. Oleh karena itu, Slavia diwajibkan untuk menenangkan roh-roh ini untuk mencegah roh-roh dari potensi mereka untuk kacau dan merusak perilaku. [102]

Kepercayaan Slavia common menunjukkan perbedaan mencolok antara jiwa dan tubuh. Jiwa tidak dianggap tidak tahan lama. Bangsa Slavia percaya bahwa setelah kematian jiwa akan keluar dari tubuh dan berkelana tentang lingkungan dan tempat kerja selama 40 hari sebelum pindah ke alam baka yang abadi. [102] Karena itu, hal itu dipandang perlu untuk meninggalkan jendela atau pintu terbuka di rumah bagi jiwa melewati pada bagian waktu luang. Selama waktu ini jiwa ini diyakini memiliki kemampuan memasuki kembali jenazah almarhum. Sama seperti roh yang disebutkan sebelumnya, yang lewat baik jiwa bisa memberkati atau mendatangkan malapetaka pada keluarga dan tetangga selama 40 hari yang lewat. Setelah kematian seseorang, banyak stres ditempatkan pada upacara pemakaman yang layak untuk menjamin kemurnian jiwa dan kedamaian seperti terpisah dari tubuh. Kematian anak yang dibaptis, kekerasan atau kematiannya, atau kematian orang berdosa yang memilukan (seperti seorang tukang sihir atau pembunuh) dasar-dasar untuk semua jiwa yang menjadi najis setelah kematian. Sebuah jiwa bisa juga dilakukan jika tubuh tidak bersih tidak diberi penguburan yang layak. Cara lainnya, tubuh tidak diberi penguburan yang layak bisa menjadi rentan terhadap kepemilikan oleh lain jiwa dan roh najis. Jiwa yang kotor itu begitu takut dengan Slavia karena potensi untuk membalas dendam. [103]

Dari ini terlibat dalam keyakinan yang berkaitan dengan kematian dan jiwa berasal penemuan konsep Slavia vampir. Vampir adalah manifestasi dari yang kerasukan roh jahat memiliki tubuh yang membusuk. Makhluk mayat hidup ini dianggap pendendam dan iri terhadap orang yang hidup dan yang memerlukan darah yang hidup untuk mempertahankan keberadaan tubuhnya. [104] Walaupun konsep vampir ini ada dalam bentuk menyimpang sedikit di seluruh negara-negara Slavia dan beberapa non-Slavia tetangga , adalah mungkin untuk melacak perkembangan vampir kepercayaan untuk Slavia spiritualisme pra-Kristen yang ada di daerah Slavia.
Patologi
Dekomposisi

Paul Barber dalam bukunya Vampir, Pemakaman dan Kematian telah dijelaskan bahwa kepercayaan pada vampir dihasilkan dari orang-orang dari masyarakat pra-industri berusaha untuk menjelaskan alam, tetapi kepada mereka tak bisa dijelaskan, proses kematian dan dekomposisi. [105]

Orang kadang-kadang curiga vampir ketika seorang mayat tidak tampak karena mereka menganggap mayat yang normal seharusnya ketika disinterred. Namun, tingkat dekomposisi bervariasi tergantung pada suhu dan komposisi tanah, dan banyak tanda-tanda yang kurang dikenal. Hal ini telah menyebabkan para pemburu vampir untuk secara keliru menyimpulkan bahwa mayat tidak membusuk sama sekali, atau, ironisnya, untuk menafsirkan tanda-tanda pembusukan sebagai tanda-tanda kehidupan terus. [106] Mayat membengkak sebagai gas dari dekomposisi terakumulasi dalam tubuh dan meningkatnya tekanan kekuatan darah untuk cairan dari hidung dan mulut. Hal ini menyebabkan tubuh untuk terlihat "gemuk," "cukup makan," dan "kemerahan"-perubahan yang semakin mencolok jika orang itu pucat atau kurus dalam hidup. Dalam kasus Paole Arnold, seorang wanita tua mayat digali dinilai oleh tetangganya terlihat lebih gemuk dan sehat daripada yang pernah terlihat dalam hidup. [107] The memancarkan darah memberi kesan bahwa mayat baru-baru ini telah terlibat dalam kegiatan vampirik. [40] Penggelapan warna kulit juga disebabkan oleh dekomposisi. [108] yang mempertaruhkan sebuah bengkak, tubuh membusuk dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan darah dan memaksa akumulasi gas untuk melarikan diri dari tubuh. Ini dapat menghasilkan suara seperti erangan ketika gas bergerak melewati pita suara, atau suara perut kembung mengingatkan kita ketika mereka melewati anus. Laporan resmi tentang kasus Plogojowitz Petrus berbicara mengenai "tanda-tanda liar lainnya yang aku lulus dengan keluar dari rasa hormat yang tinggi". [109]

Setelah kematian, kulit dan gusi kehilangan cairan dan kontrak, memperlihatkan akar rambut, kuku, dan gigi, bahkan gigi yang tersembunyi di rahang. Hal ini dapat menghasilkan ilusi bahwa rambut, kuku, dan gigi tumbuh. Pada tahap tertentu, paku jatuh dan kulit kulit muka, sebagaimana dilaporkan dalam kasus-Plogojowitz dermis dan tempat tidur paku yang muncul di bawahnya ditafsirkan sebagai "kulit baru" dan "paku baru". [109]
Prematur penguburan

Juga telah hipotesis bahwa legenda vampir dipengaruhi oleh individu-individu dikubur hidup-hidup karena kekurangan dalam arus lalu-pengetahuan medis. Dalam beberapa kasus di mana orang dilaporkan suara yang berasal dari peti mati tertentu, itu kemudian digali dan kuku tanda ditemukan di bagian dalam dari korban mencoba melarikan diri. Dalam kasus lain orang akan memukul kepala mereka, hidung atau wajah dan akan tampak bahwa mereka telah "makan." [110] Sebuah masalah dengan teori ini adalah pertanyaan tentang bagaimana orang-orang mungkin dikubur hidup-hidup berhasil bertahan hidup untuk jangka tanpa makanan, air atau udara segar. Penjelasan alternatif untuk kebisingan adalah gelembung gas melarikan diri dari dekomposisi alami tubuh. [111] kemungkinan penyebab lain kuburan adalah kuburan teratur merampok. [112]
Penularan

Vampir Folkloric telah dikaitkan dengan kelompok-kelompok dikenali atau kematian dari penyakit misterius, biasanya dalam keluarga yang sama atau komunitas kecil yang sama. [80] Epidemi kiasan jelas dalam kasus klasik Petrus Plogojowitz dan Arnold Paole, dan bahkan lebih lagi dalam kasus Mercy Brown dan dalam keyakinan vampir New England umumnya, di mana penyakit tertentu, TBC, dikaitkan dengan wabah vampir. Sebagaimana dengan bentuk pneumonic pes, hal itu terkait dengan kerusakan jaringan paru-paru yang akan menyebabkan darah untuk muncul di bibir. [113]
Porfiria

Pada tahun 1985 ahli biokimia David Dolphin mengusulkan hubungan antara kelainan darah langka vampir porfiria dan cerita rakyat. Dicatat bahwa kondisi diperlakukan oleh infus haem, ia menyarankan agar konsumsi dalam jumlah besar dapat menyebabkan darah diangkut haem entah bagaimana di dinding perut dan masuk ke dalam aliran darah. Jadi vampir penderita porfiria hanya mencari untuk menggantikan mereka haem dan mengurangi gejala. [114] Teori telah ditolak secara medis sebagai penderita porfiria saran yang mendambakan haem dalam darah manusia, atau bahwa konsumsi darah bisa meringankan gejala porfiria, didasarkan pada kesalahpahaman dari penyakit. Selain itu, Dolphin tercatat telah bingung fiksi (pengisap darah) vampir dengan orang-orang dari cerita rakyat, banyak di antaranya tidak tercatat minum darah. [115] Demikian pula, paralel dibuat antara sensitivitas terhadap sinar matahari oleh penderita, namun hal ini dikaitkan dengan fiksi dan tidak folkloric vampir. Bagaimanapun, Dolphin tidak melanjutkan untuk menerbitkan karyanya secara lebih luas. [116] Meskipun diberhentikan oleh para ahli, link mendapat perhatian media [117] dan memasuki cerita rakyat populer modern. [118]
Rabies

Rabies telah dikaitkan dengan cerita rakyat vampir. Dr Juan Gómez-Alonso, seorang ahli saraf di Rumah Sakit Xeral di Vigo, Spanyol, memeriksa kemungkinan ini dalam laporan di Neurology. Yang kerentanan terhadap bawang putih dan cahaya dapat disebabkan oleh hipersensitivitas, yang merupakan gejala rabies. Penyakit ini dapat juga mempengaruhi bagian-bagian dari otak yang dapat menyebabkan gangguan pola tidur normal (dengan demikian menjadi malam) dan hypersexuality. Legenda pernah berkata seorang laki-laki tidak gila jika ia bisa melihat refleksi sendiri (sebuah referensi terhadap legenda bahwa vampir tidak memiliki refleksi). Serigala dan kelelawar, yang sering dikaitkan dengan vampir, dapat pembawa rabies. Penyakit juga dapat mengarah pada suatu dorongan untuk menggigit orang lain dan berdarah di mulutnya berbusa. [119] [120]
Psikodinamik pemahaman

Dalam risalah Pada 1931 Nightmare, welsh psikoanalis Ernest Jones mencatat bahwa vampir adalah simbol dari beberapa sadar drive dan mekanisme pertahanan. Cinta, rasa bersalah, dan benci adalah emosi yang ide bahan bakar kembalinya orang mati ke kuburan. Menginginkan sebuah reuni dengan orang yang dicintai, pelayat proyek mungkin gagasan bahwa baru-baru ini kembali mati harus di rindu yang sama. Dari sini timbul keyakinan bahwa vampir folkloric dan revenants mengunjungi kerabat, terutama pasangan mereka, pertama-tama. [121] Namun dalam kasus di mana ada rasa bersalah tak sadarkan diri terkait dengan hubungan, keinginan untuk reuni dapat ditumbangkan oleh kecemasan. Ini dapat mengakibatkan represi, Freud yang berkaitan dengan pengembangan ketakutan mengerikan. [122] Jones menduga dalam hal ini keinginan asli yang (seksual) Reunion dapat berubah secara drastis: gairah digantikan oleh rasa takut; cinta digantikan oleh sadisme , dan objek atau orang yang dicintai digantikan oleh entitas yang tidak dikenal. Aspek seksual mungkin atau mungkin tidak hadir. [123] Beberapa kritikus modern telah mengusulkan sebuah teori sederhana: orang mengidentifikasi dengan vampir abadi karena dengan demikian mereka diatasi, atau setidaknya untuk sementara melarikan diri dari, mereka takut mati. [124]

Seksualitas bawaan pengisap darah dapat dilihat dalam hubungan intrinsik dengan kanibalisme dan folkloric satu dengan incubus-seperti perilaku. Banyak laporan berbagai makhluk legenda mengalir cairan lain dari korban, asosiasi bawah sadar dengan air mani yang jelas. Akhirnya Jones mencatat bahwa ketika lebih normal seksualitas adalah aspek ditekan, bentuk kemunduran dapat dinyatakan, khususnya sadisme; ia merasa bahwa sadisme lisan merupakan bagian integral dalam perilaku vampirik. [125]
Interpretasi politik

Para vampir penemuan ulang dari mitos di zaman modern bukanlah tanpa bernuansa politik. [126] The aristokrat Count Dracula, sendirian di bentengnya terlepas dari beberapa pengikut gila, muncul hanya pada malam hari untuk memberi makan pada petani, merupakan simbol dari parasit rezim ancien. Werner Herzog, dalam Nosferatu yang Vampyre, memberikan penafsiran politik ini ironis ekstra ketika agen muda menjadi pahlawan vampir berikutnya; dengan cara ini kapitalis borjuis menjadi kelas parasit berikutnya. [127]
Psikopatologi

Sejumlah pembunuh telah melakukan ritual tampaknya vampirik atas korban-korban mereka. Pembunuh berantai Petrus Kürten dan Richard Trenton Chase sama-sama disebut "vampir" di tabloid setelah mereka menemukan minum darah orang-orang yang mereka bunuh. Demikian pula, pada tahun 1932, kasus pembunuhan yang tak terpecahkan di Stockholm, Swedia itu dijuluki "Vampir pembunuhan", karena situasi dan kondisi korban kematian. [128] Almarhum Hungaria abad ke-16 dan pembunuh massal Countess Elizabeth Báthory menjadi sangat terkenal di kemudian berabad-abad 'karya-karya, yang menggambarkan dirinya mandi di korban darah untuk mempertahankan kecantikan atau muda. [129]

Vampir gaya hidup adalah sebuah istilah untuk suatu sub-budaya kontemporer orang, sebagian besar dalam subkultur Goth, yang mengkonsumsi darah orang lain sebagai masa lalu; gambar dari orang kaya sejarah budaya populer yang berkaitan dengan kultus simbolisme, film horor, fiksi tentang Anne Rice , dan gaya Victoria Inggris. [130] Aktif vampir vampir dalam subkultur meliputi baik yang berhubungan dengan darah vampir, biasanya disebut sebagai vampir optimis, dan psikis vampir, atau seharusnya makan dari energi prana. [131]
Vampir kelelawar
Artikel utama: Vampire bat

Seorang vampir kelelawar di Peru

Meskipun banyak kebudayaan memiliki cerita tentang mereka, kelelawar vampir hanya baru-baru ini menjadi bagian integral dari pengetahuan vampir tradisional. Memang, hanya kelelawar vampir vampir diintegrasikan ke dalam cerita rakyat ketika mereka ditemukan di daratan Amerika Selatan pada abad ke-16. [132] Meskipun tidak ada kelelawar vampir di Eropa, kelelawar dan burung hantu telah lama berhubungan dengan supranatural dan pertanda, meskipun terutama karena kebiasaan malam mereka, [132] [133] dan dalam tradisi heraldik Inggris modern, kelelawar berarti "Kesadaran dari kuasa kegelapan dan kekacauan". [134]

Yang tiga spesies kelelawar vampir sebenarnya semua endemik ke Amerika Latin, dan tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa mereka memiliki kerabat Dunia Lama dalam memori manusia. Oleh karena itu tidak mungkin bahwa vampir folkloric mewakili presentasi atau memori menyimpang dari kelelawar vampir. Kelelawar diberi nama setelah vampir folkloric bukan sebaliknya; inggris Oxford Dictionary catatan folkloric mereka gunakan dalam bahasa Inggris dari zoologi 1734 dan tidak sampai 1774. Walaupun gigitan kelelawar vampir biasanya tidak berbahaya bagi seseorang, kelelawar telah diketahui manusia secara aktif dan memakan mangsa yang besar seperti sapi dan sering meninggalkan merek dagang, dua-cabang tanda gigitan pada kulit korban. [132]

Dracula sastra berubah menjadi kelelawar beberapa kali dalam novel, dan kelelawar vampir sendiri disebutkan dua kali di dalamnya. Tahun 1927 produksi panggung dari novel Dracula diikuti dalam memiliki Drakula berubah menjadi kelelawar, seperti halnya film, di mana Bela Lugosi akan berubah menjadi kelelawar. [132] adegan transformasi Kelelawar akan kembali digunakan oleh Lon Chaney Jr pada tahun 1943 Anak of Dracula. [135]
Fiksi modern
Artikel utama: Daftar fiksi vampir

Vampir sekarang menjadi perlengkapan dalam fiksi populer. Seperti fiksi dimulai dengan abad kedelapan belas puisi dan dilanjutkan dengan abad kesembilan belas cerita pendek, yang pertama dan yang paling berpengaruh adalah John Polidori's The Vampyre (1819), yang menampilkan Tuhan Ruthven vampir. Tuhan Ruthven's eksploitasi yang dieksplorasi lebih lanjut dalam serangkaian vampir bermain di mana ia adalah anti-pahlawan. Tema vampir terus dalam serial publikasi sen mengerikan seperti Varney the Vampire (1847) dan memuncak pada vampir unggulan novel sepanjang masa: Dracula oleh Bram Stoker, yang diterbitkan pada 1897. [136] Seiring berjalannya waktu, beberapa atribut sekarang dianggap sebagai integral menjadi dimasukkan ke dalam vampir profil: taring dan kerentanan terhadap sinar matahari muncul selama abad ke-19, dengan Varney the Vampire dan Count Dracula kedua bantalan gigi yang menonjol, [137] dan Murnau's Nosferatu (1922) takut siang hari. [138] The jubah muncul di tahap produksi tahun 1920-an, dengan kerah tinggi yang diperkenalkan oleh dramawan Hamilton Deane untuk membantu Dracula 'menghilang' di atas panggung. [139] Tuhan Ruthven dan Varney bisa disembuhkan oleh cahaya bulan, meskipun tidak memperhitungkan hal ini dikenal dalam cerita rakyat tradisional. [140] Tersirat meskipun tidak sering secara eksplisit didokumentasikan dalam cerita rakyat, keabadian adalah satu atribut yang besar dalam vampir fitur film dan sastra. Banyak yang terbuat dari harga kehidupan kekal, yaitu kebutuhan terus-menerus darah mantan sama. [141]
Sastra
Artikel utama: Vampire sastra

"Carmilla" oleh DH Friston, 1872, dari The Dark Blue.

Revenant vampir atau pertama kali muncul dalam puisi seperti The Vampire (1748) oleh Heinrich Agustus Ossenfelder, Lenore (1773) oleh Gottfried Agustus Bürger, Die Braut von Korintus (The Bride of Korintus (1797) oleh Johann Wolfgang von Goethe, Samuel Taylor Coleridge's terselesaikan Christabel dan Lord Byron's The Giaour (1813). [142] Byron juga dikreditkan dengan potongan fiksi prosa pertama berkaitan dengan vampir: The Vampyre (1819). Namun pada kenyataannya ini ditulis oleh dokter pribadi Byron, John Polidori, yang disesuaikan kisah fragmentaris misterius terkenal dari pasien. [28] [136] Byron mendominasi kepribadian sendiri, dimediasi oleh kekasihnya Lady Caroline Lamb tidak menarik dalam roman-a-clef, Glenarvon (a Gothic fantasia didasarkan pada kehidupan liar Byron), digunakan sebagai model protagonis Polidori's mayat hidup Tuhan Ruthven. Vampyre sangat yang sukses dan bekerja vampir paling berpengaruh pada awal abad ke-19. [9]

Varney the Vampire adalah tengara Victoria populer era pertengahan cerita horor gothic oleh James Malcolm Rymer (alternatif disebabkan Preskett Thomas Prest), yang pertama kali muncul 1845-1847 dalam serangkaian pamflet umumnya disebut sebagai picisan sen karena harga murah dan biasanya mengerikan isinya. Kisah ini diterbitkan dalam bentuk buku pada tahun 1847 dan membentang ke pilar ganda 868 halaman. Ini memiliki gaya yang menegangkan jelas, menggunakan gambaran jelas untuk menggambarkan perbuatan mengerikan dari Varney. [140] Selain penting lainnya adalah genre Sheridan Le Fanu's lesbian cerita vampir Carmilla (1871). Seperti Varney sebelum dia, Carmilla vampir digambarkan dalam cahaya yang agak simpatik sebagai keharusan kondisinya akan disorot. [143]

Tidak ada upaya untuk menggambarkan vampir dalam fiksi populer sama berpengaruh atau sebagai definitif sebagai Bram Stoker's Dracula (1897). [144] Its penggambaran vampir sebagai penyakit menular kerasukan setan, dengan nada seks, darah dan kematian, menyerang sebuah akord dalam Victoria Eropa di mana TBC dan sifilis umum. Vampirik sifat-sifat yang dijelaskan dalam karya Stoker bergabung dengan tradisi dan didominasi folkloric, akhirnya berkembang menjadi vampir fiksi modern. Menggambar di masa lalu karya-karya seperti The Vampyre dan "Carmilla", Stoker mulai meneliti buku barunya pada akhir tahun 1800-an, membaca karya-karya seperti The Land Beyond the Forest (1888) oleh Emily Gerard dan lain Transylvania dan buku-buku tentang vampir. Di London, seorang rekan menyebutkan kepadanya kisah Vlad Tepes, si "Dracula kehidupan nyata," dan Stoker cerita ini segera dimasukkan ke dalam bukunya. Bab pertama dari buku itu dihilangkan ketika diterbitkan pada 1897, tapi itu dirilis pada tahun 1914 sebagai Dracula's Guest. [145]

Salah satu "ilmiah" vampir novel Richard Matheson's 1954 I Am Legend yang seperti telah digunakan sebagai dasar untuk film-film The Last Man on Earth (1964), The Omega Man (1971), dan I Am Legend (2007).

Dua puluh abad pertama telah membawa lebih banyak contoh vampir fiksi, seperti JR Ward's Black Dagger Brotherhood series, dan lain vampir sangat populer buku-buku yang menarik bagi remaja dan dewasa muda. Paranormal vampir seperti roman novel dan bersekutu vampirik chick-lit dan cerita-cerita detektif vampirik okultisme adalah sangat populer dan kontemporer terus berkembang fenomena penerbitan. [146] LA Bank "The Vampire pemburu wanita Legend Series, Laurell K. Hamilton 's Anita Blake erotis: Vampire Hunter seri, dan Kim Harrison's The Hollows seri, menggambarkan vampir dalam berbagai perspektif baru, beberapa di antaranya tidak terkait dengan legenda aslinya.

Bagian akhir abad keduapuluh melihat munculnya multi-volume epik vampir. Yang pertama adalah penulis roman Gothic Marilyn Ross 'Barnabas Collins seri (1966-71), yang secara longgar didasarkan pada serial TV Amerika kontemporer Dark Shadows. Ini juga mengatur kecenderungan untuk melihat vampir sebagai pahlawan tragis puitis daripada sebagai perwujudan yang lebih tradisional kejahatan. Formula ini diikuti di novelis Anne Rice yang sangat populer dan berpengaruh Vampire Chronicles (1976-2003). [147] Vampir di seri Senja (2005-2008) by Stephenie Meyer mengabaikan efek bawang putih dan salib, dan tidak dirugikan oleh sinar matahari (walaupun itu tidak mengungkapkan alam supranatural). [148]
Film dan televisi
Artikel utama: Vampire film

Iconic adegan dari Murnau F. W. 's Nosferatu, 1922

Dianggap sebagai salah satu tokoh terkemuka dari film horor klasik, vampir telah terbukti menjadi subjek yang kaya untuk film dan game industri. Dracula adalah tokoh utama dalam film lebih banyak daripada yang lain tapi Sherlock Holmes, dan banyak film-film awal yang baik didasarkan pada novel Dracula atau erat diturunkan darinya. Ini termasuk tengara film bisu Jerman 1922 Nosferatu, disutradarai oleh FW Murnau dan menampilkan film pertama penggambaran Dracula-walaupun nama dan karakter tersebut dimaksudkan untuk meniru Dracula, Murnau tidak bisa mendapatkan izin untuk melakukannya dari Stoker's janda, dan harus mengubah banyak aspek film. Selain film ini Universal's Dracula (1931), dibintangi Béla Lugosi sebagai hitungan dalam apa yang merupakan film bicara pertama menggambarkan Dracula. Dekade melihat beberapa film vampir, terutama Dracula's Daughter pada 1936. [149]

Legenda vampir itu semen di industri film ketika Dracula adalah reinkarnasi generasi baru dengan merayakan Hammer Horror film seri, dibintangi oleh Christopher Lee sebagai Count. Drakula yang sukses dibintangi Lee 1958 ini diikuti oleh tujuh sekuel. Lee kembali sebagai Dracula dalam semua kecuali dua ini dan menjadi terkenal di peran. [150] Pada tahun 1970-an, vampir di film-film telah terdiversifikasi dengan karya-karya seperti Count Yorga, Vampire (1970), Afrika pada tahun 1972 Count's Blacula, sebuah Nosferatu-seperti vampir pada tahun 1979's Salem's Lot, dan sebuah remake of Nosferatu itu sendiri, berjudul Nosferatu yang Klaus Kinski Vampyre dengan tahun yang sama. Beberapa film menampilkan perempuan, sering lesbian, vampir antagonis seperti Horor Hammer's The Vampire Lovers (1970) didasarkan pada Carmilla, meskipun plotlines masih berputar di sekitar pusat karakter vampir jahat. [150]

Pilot bagi Curtis Dan serial televisi 1972 Kolchak: The Night Stalker berkisar sekitar wartawan Carl Kolchak berburu vampir di Las Vegas strip. Kemudian film memperlihatkan lebih banyak keanekaragaman dalam plotline, dengan beberapa berfokus pada pemburu vampir seperti Blade di Marvel Comics 'Blade film dan film Buffy the Vampire Slayer. Buffy, dirilis pada tahun 1992, meramalkan kehadiran seorang vampir di televisi, dengan adaptasi untuk berjalan panjang seri TV terkenal dengan nama yang sama dan spin-off Angel. Masih lain menunjukkan sebagai protagonis vampir seperti 1983's The Hunger, 1994's Interview with the Vampire: The Vampire Chronicles dan sekuel tidak langsung semacam Ratu of the Damned. Bram Stoker's Dracula 1992 yang patut dicatat adalah film yang menjadi lalu-tertinggi yang pernah jijik film vampir. [151] Peningkatan minat vampirik plotlines menyebabkan vampir digambarkan dalam film seperti Underworld dan Van Helsing, Rusia Night Watch dan sebuah miniseri TV remake of 'Salem's Lot, baik dari 2004. Seri Blood Ties on Lifetime Television perdana pada tahun 2007, yang menampilkan tokoh digambarkan sebagai Henry Fitzroy, anak tidak sah dari Henry VIII dari Inggris berbalik vampir, di zaman modern Toronto, dengan seorang wanita mantan detektif di Toronto pemeran utama. A 2008 seri dari HBO, berjudul True Blood, memberikan Selatan dibawa ke tema vampir. [148] Popularitas yang terus menerus dari vampir theme telah dianggap berasal dari kombinasi dua faktor: representasi seksualitas dan ketakutan yang abadi kematian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar